728x90 AdSpace

  • Latest News

    Selasa, 09 April 2013

    TANTANGAN DAN PELUANG MENGGUNAKAN PERILAKU ORGANISASI











    foto : shutterstock

    Pengertian/pengetahuan tentang perilaku keorganisasian mempunyai arti yangsangat penting bagi manajer, ia akan lebih cepat melihat/menangkap perubahan yang dramatik didalam organisasi.
    Dalamjangka pendek sebagian perubahan dan kesempatan/peluang yang dihadapi dimasa yang datang, manajer dapat menggunakan konsep perilaku keorganisasian. Hal inilah akan lebih memudahkan para manajer dalam melihat/mengamati tantangan dan kesempatan dalam berbagai penyelesaian.


    Perbaikan kualitas dan produktivitas
    Dalam usaha perbaikan kualitas dan produktivitas. Tom Rossi menerapkan programtotal kualiti manajemen (TQM). TQM adalah suatu filosofi manajemen yang menggerakkan/mencapai hasil secara konstan yang dicapai dari pengembangan/ perbaikan kepuasan konsumen untuk proses organisasi secara keseluruhan.
    Pendekatan yang dipakaidalam TQM yaitu reenginering, dimaksud dengan reenginering adalah mempertimbangkan kembali bagaimana pekerjaan menjadi lebih dapat dilaksanakan/dikerjakan dan jika struktur organisasi dikreasi/dibangun dari kondisi awal mulanya.

    Perbaikan keterampilan orang/manusia.
    Didalam usaha perbaikan ketrampilan manusia/orang tidak lepas dari teori dankonsep yang relevan sehingga dapat membantu memprediksi perilaku manusia dan menerapkan/menempatkan manusia pada posisi pekerjaan yang sesuai. Untuk itu perlu ada usaha peningkatan/perbaikan antar personal.

    Aneka ragam manajemen tenaga kerja.
    Didalam aneka ragam manajemen tenaga kerja, diartikan organisasi menjadi sangatheterogen, termasuk perbedaan: jenis kelamin, ras, suku, dan kelompok sehingga dalam hal ini organisasi harus adaptif terhadap perbedaan-perbedaan yang ada.

    Tanggapan terhadap Globalisasi.
    Didalam menanggapi globalisasi, supaya dapat bekerja secara efektif dengan berbagai individu, kelompok. Hal ini membutuhkan pengertian tentang kultur, bagaimana beradaptasi dengan style/gaya manajemen yang berbeda-beda sehingga dengan perbedaan tersebut dapat memodifikasi secara praktis.

    Menguasakan/memberi kuasa kepada seseorang/karyawan/tenaga kerja.
    Didalam pelaksanakan pemberian kuasa, ialah dengan memilih gaya kepemimpinan, hubungan kekuasaan, desain kerja, dan struktur organisasi, hal-hal tersebut sesuai dengan siklus dan perkembangan organisasinya.

    Pemilihan stimulan dan pengembangan.
    Organisasi ketenagakerjaan dapat memilih blok penghalang yang menjadi daya dorong pengembangan. Tantang bagi manajemen adalah kreativitas dalam memberikan simulan dan toleransi tantangan kepada tenaga kerja sehingga ide perilaku dan teknis realitis dengan tujuan.

    Kemunduran/penurunan loyalitas tenaga kerja.
    Berdasarkan pengamatan/surve tahun 1988-1993 menunjukan/menggambarkan penurunan loyalitas tenaga kerja dapat dilihat dalam tabel sebagai berikut :
    GAMBARAN LOYALITAS
    LOYALITAS
    LOYALITAS TENAGA
    PERUSAHAAN KEPADA
    KERJA KEPADA
    TENAGA KERJA
    PERUSAHAAN
    PENURUNAN LOYALITAS
    77 %
    60 %
    SELAMA 5 TH
    LOYALITAS LEBIH
    22 %
    35 %
    LOYALITAS SAMA
    1%5%12
    Sumber:
    B.S. Maskal. “Company loyalti Dies, A Victin of Neglect” Industri Week (March
    1,1993)p.12.

    Dari gambaran tersebut diatas sangat penting dalam perilaku keorganisasiansehingga bagi manajer, bagaimana menemukan jalan memotivasi pekerja supaya tidak mengalami penurunan kesepakatan/komitmen.

    Untukitu diperlukan pemeliharaan organisasi dalam persaingan global.
    Memperbaiki etika perilaku Dalam memperbaiki etika perilaku, manajer membutuhan iklim kreativitas dalam kesehatan itika bagi tenaga kerja sehingga tenaga kerja dapat bekerja dan minimal dapat menghormati tingkat perbedaan ambiquitas perilaku benar atau salah.





    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: TANTANGAN DAN PELUANG MENGGUNAKAN PERILAKU ORGANISASI Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top