|
PENGADAAN
Deskripsi Kerja:
1. Mengalokasikan dana koleksi sesuai ketentuan yang berlaku.
2. Mempersiapkan alat-alat yg berkaitan dengan kegiatan pengadaan, seperti stempel perpustakaan dan akuisisi, serta alat bantu informasi dalam pemilihan bahan pustaka yang berupa katalog penerbit, brosur-brosur, resensi buku, book inprint, dsb.
3. Menjalin hubungan aktif dengan sivitas akademika UMS berkaitan dengan informasi / koleksi yang dibutuhkan.
4. Mengeksplorasi berbagai bahan pustaka yang ada di pasaran dan disesuaikan / dikelompokkan dengan kebutuhan pengguna.
5. Menindaklanjuti usulan dengan :
· Mencocokkan setiap usulan yang masuk dengan koleksi yang dimiliki perpustakaan.
· Memutuskan untuk membeli atau tidak, atau menunda usulan tersebut.
9. Melaksanakan pemesanan/pembelian koleksi.
10. Mengadministrasikan tugas-tugas pengadaan: usulan, pemesanan/ pembelian, keuangan, dls.
11. Menerima dan meneliti setiap pesanan yang datang sesuai dengan faktur pembelian serta memeriksa kelengkapan halaman/kondisi buku.
12. Menginventarisasikan koleksi (entri data koleksi)® ke depan
13. Mengirimkan buku yang telah di cek/diperiksa ke bagian pengolahan.
14. Melakukan koordinasi dengan bagian pelayanan (sirkulasi, referensi, cadangan dan periodikal) mengenai keterpakaian dan ketersediaan koleksi – selama tugas evaluasi koleksi belum dapat dijalankan.
15. Membuat laporan secara tertulis mengenai kegiatan bagian pengadaan serta statistik pengadaan koleksi secara rutin (satu bulan sekali) sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban kepada Koordinator Layanan Teknis.
16. Mempelajari kurikulum lembaga induk
17. Mempelajari kebutuhan user (kerja sama dengan layanan pengguna)
18. Menyiapkan daftar bahan pustaka yang diperlukan dalam bidang tertentu
19. Mempertimbangkan kebutuhan eksemplar
20. Berkomunikasi dengan penyalur
21. Memeriksa toko buku dan pameran
22. Menyiapkan daftar koleksi dasar
0 komentar:
Posting Komentar